Jumat, 28 Mei 2010

Bebas Osteoporosis Dengan Belut

Apakah anda ingi terbebas dari osteoporosis??? salah satu caranya adalah dengan  mengkonsumsi ikan belut,  dan tentu saja dengan pola hidup sehat pula loohh... jangan lupa pula untuk berolahraga secara teratur, kenapa kita mesti mengkonsumsi ikan belut, karena apa ayo?? karena Belut itu kaya akan fosfor. Nilainya dua kali lipat fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, konsumsi fosfor harus berimbang dengan kalsium, agar tulang menjadi kokoh dan kuat, sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya (sekitar 80 persen) berada dalam tulang dan gigi.
Anda juga tentu tahu dong fungsi dari fosfor
dalam tubuh kita, fosfor yang berfungsi sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyak dibandingkan saat-saat tidak mengandung, terutama untuk pembentukan tulang janinnya. Apa yang terjadi jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.
Bukan hanya itu saja kandungan terdapat pada belut, ternyata belut sumber energi dan protein juga kaya mineral serta vitamin. Belut juga mengandung asam lemak omega 3. Kadar omega 3 pada lemak ikan, termasuk belut, sangat bervariasi tetapi berkisar antara 4,48 persen sampai dengan 11,80 persen. Kandungan omega 3 pada ikan, tergantung kepada jenis, umur, ketersediaan makanan, dan daerah penangkapan.

Bukankah Belut banyak mengandung Lemak?
Meskipun mempunyai nilai gizi yang tinggi, kandungan lemak pada belut cukup tinggi, yaitu mencapai 27 g per 100 g. Lebih tinggi dibandingkan lemak pada telur (11,5 g/100 g) dan daging sapi (14,0 g/100 g).
Di antara kelompok ikan, belut digolongkan sebagai ikan berkadar lemak tinggi. Kandungan lemak pada belut hampir setara dengan lemak pada daging babi (28 g/100 g). Menurut publikasi yang dikeluarkan oleh Singapore General Hospital, belut termasuk makanan berkolesterol tinggi dan wajib untuk diwaspadai.
Walaupun kadar lemaknya tinggi, belut tidak perlu dihindari dalam pola makan kita. Bagaimanapun, lemak memegang peran penting sebagai sumber kelezatan, sumber energi, penyedia asam lemak esensial, dan tentu saja sebagai pembawa vitamin larut lemak (A, D, E dan K).

Bagaimana cara penyajiannya? Upaya untuk mengurangi kadar lemak pada belut adalah dengan cara dipanggang di atas bara api. Proses pemanggangan akan menyebabkan lemak mencair dan keluar dari daging belut, menetes ke bara api. Sebaiknya belut tidak diolah dengan cara digoreng, agar kadar lemaknya tidak bertambah banyak.

Nah bagaimana menurut anda, apakah anda akan mencoba mengkonsumsinya.... untuk terbebas dari osteoporosis mau doong...

Salam semoga sehat selalu.

* * *

3 komentar:

  1. konon kabarnya dengan mengkonsumsi belut juga bisa untuk mempercepat keringnya luka.. iya gak sob ?

    BalasHapus
  2. wqaaaaaaaaaaaaaaah baru tahu belut bisa mencegah osteoporosis kirain hanya susu saj

    BalasHapus